• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit dalam Memecahkan Masalah Pythagoras Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Tipe Intelegensi Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    38.Makalah Revisi_Aulia Rizka.pdf (123.5Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Hidaya, Aulia Rizka
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2Sawit dalam memecahkan masalah pythagoras berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe intelegensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan berdasarkan pada beberapa kategori, yakni: berada pada tipe intelegensi yang diteliti (intelegensi superior,diatas rata-rata, rata-rata, dibawah rata-rata, dan terhambat) dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Data tentang tipe intelegensi diambil dari hasil angket yang diujikan dan diperoleh siswa yang memiliki tipe intelegensi kategori superior, diatas rata-rata, dan rata-rata. Dalam penelitian ini setiap kategori diambil seorang siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa :Tahapan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah pythagoras adalah : (1)Tahap persiapan, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang diberikan dan memahami masalah yang diberikan, (2) Tahap inkubasi, siswa melakukan aktivitas berdiam diri sejenak, membuat coretan/sketsa, dan mencari inspirasi solusi, (3) Tahap iluminasi, siswa menyampaikan idenya dengan memanfaatkan materi yang telah didapatnya, (4) Tahap verifikasi, siswa menerapkan ide yang telah diperolehnya dan mampu menemukan hasil.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8826
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV