Show simple item record

dc.contributor.authorHidaya, Aulia Rizka
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2017-06-20T02:50:50Z
dc.date.available2017-06-20T02:50:50Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Depdiknas. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. [2] John W. Santrock. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika. [3] Beetlestone, Florence. 2011. Creative Children, Imaginative Teaching. Trans. Narulita Yusron.Bandung: Nusa Media. [4] New World Encyclopedia, Graham_Wallas.htm [5] Uno, Hamzah B dan Masri Kuadrat Umar. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara. [6] Widiawati,Diah. Psiko Diagnostik. PsikodiagnostikIGP1011TM4. [Online]. (www.mercubuana.ac.id). [7] Mangestuti, Retno. dan Rahmat Azis. 2007. “Validitas Tes Intelegensi dan IST Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang.” Journal Article. 1:70-84.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8826
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2Sawit dalam memecahkan masalah pythagoras berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe intelegensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dan berdasarkan pada beberapa kategori, yakni: berada pada tipe intelegensi yang diteliti (intelegensi superior,diatas rata-rata, rata-rata, dibawah rata-rata, dan terhambat) dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Data tentang tipe intelegensi diambil dari hasil angket yang diujikan dan diperoleh siswa yang memiliki tipe intelegensi kategori superior, diatas rata-rata, dan rata-rata. Dalam penelitian ini setiap kategori diambil seorang siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa :Tahapan proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah pythagoras adalah : (1)Tahap persiapan, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang diberikan dan memahami masalah yang diberikan, (2) Tahap inkubasi, siswa melakukan aktivitas berdiam diri sejenak, membuat coretan/sketsa, dan mencari inspirasi solusi, (3) Tahap iluminasi, siswa menyampaikan idenya dengan memanfaatkan materi yang telah didapatnya, (4) Tahap verifikasi, siswa menerapkan ide yang telah diperolehnya dan mampu menemukan hasil.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectproses berpikir kreatifin_ID
dc.subjecttahapan Wallasin_ID
dc.subjecttipe intelegensiin_ID
dc.subjectpythagorasin_ID
dc.titleProses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit dalam Memecahkan Masalah Pythagoras Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Tipe Intelegensi Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record