Penggunaan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Lubis, Henny Zurika
Sudarningsih, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan macromedia flash dalam
meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI SMK swasta-BM swadaya
Medan. Adapun Instrument yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang
digunakan adalah bentuk tes uraian (essay test) dengan beberapa soal setiap
siklus. Siswa dikatakan lulus bila telah mencapai nilai 70. Observasi dilakukan
untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan
hasil penelitian maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pada saat pretest
terdapat 6 (35,3%) orang siswa yang tuntas belajar, sedangkan pada siklus I
terdapat 11 (64,7%) siswa yang tuntas, dan pada siklus II jumlah siswa yang
tuntas belajar menjadi 15 orang siswa (88,2%). Hal ini menunjukkan peningkatan
dari pretest sampai postest siklus II dengan menggunakan macromedia flash
pembelajaran berjalan efektif . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan Macromedia flash dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.