Show simple item record

dc.contributor.authorAsmawati, Titik
dc.contributor.authorMaharani, Kusuma
dc.date.accessioned2017-07-17T06:32:02Z
dc.date.available2017-07-17T06:32:02Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citationDanim, Sadarwan. 2010. Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung. Pustaka Setia Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers. Mulyasa.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Undang – undang No. 12 Tahun 2012 http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-danmanfaat- pengalaman.html(Diunduh pada Rabu 20 April 2016 pukul 15.00 WIB) https://carapedia.com/pengertian_definisi_kegiatan_info2125.html(Diunduh pada Sabtu 23 April 2015 pukul 10.00 WIB)in_ID
dc.identifier.issn2503‐4855
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8891
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru. 2) pengaruh penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. 3) pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan penarikan kesimpulan melalui metode statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah161guru yaitu semua guru SMA Negeri se Kecamatan Banjarsari yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 110 guru dengan Proportional Random Sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 9,140 + 0,396 X1+ 0,457 X2. Persamaan menunjukkan bahwa profesionalisme guru dipengaruhi oleh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 7,668 >2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif 23,3%. 2) Penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 9,412 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 60%dan sumbangan efektif 35%. 3) Pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013 terhadap profesionalisme guru dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 74,656 >3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,583 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pengalaman guru mengikuti kegiatan ilmiah dan penerapan implementasi kurikulum 2013terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 58,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPengalaman Guruin_ID
dc.subjectImplementasi Kurikulum 2013in_ID
dc.subjectDan Profesionalisme Guruin_ID
dc.titleProfesionalisme Guru Ditinjau dari Pengalaman Mengikuti Kegiatan Ilmiah dan Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Banjarsari Tahun 2015/2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record