Pembelajaran Sejarah Menggunakan Pendidikan Karakter di Kawasan Candi Ceto
View/ Open
Date
2017-04-04Author
Jati, Raditya Setya
Agung, Leo
Joebagio, Hermanu
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan merupakan aspek yang digunakan untuk mengembangkan kepribadian dari peserta
didik, yang terdiri dari pengetahuan, nilai, sikap, dan ketrampilan. Perkembangan yang terjadi
tidak terlepas dari karakter peserta didik. Karakter setiap peserta didik sangatlah beragam,
bermunculan dari latar belakang yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Peneliti menggunakan
metode kualitatif. Peneliti memfokuskan pada kejadian ataupun aktivitas yang dilakukan
oleh peserta Character Camp. SMA Nas Plus BPK Penabur Sentul City – Bogor saat melakukan
Character Camp Grade X T.P. 2016/2017 di kawasan Cadi Ceto memfokuskan pada karakter
dan kearifan lokal di kawasan tersebut. Aktivitas yang dilakukan selama empat hari tiga malam,
menginap di rumah penduduk dengan kondisi sederhana. Peserta didik dituntut mengenal, ikut
melakukan, serta melakukan evaluasi bersama dengan berbagai macam aktifitas yang dilakukan
oleh warga masyarakat di kawasan tersebut. Hasil yang dapat dilihat dari pembelajaran ini adalah
peserta didik kedapatan memiliki perubahan dari sikap dan tingakah laku selama di kawasan
tersebut serta memiliki kakrakter yang semakin kuat saat kembali di sekolah. Karakter yang kuat
tersebut terlihat dari aktivitas atau proses belajar dan mengajar di sekolah. Walapaun belum nampak
secara keseluruhan bagi setiap peserta didik yang mengikuti Character Camp Grade X T.P.
2016/2017 di kawasan Cadi Ceto.