Implementasi Pengajaran Karakter melalui Integrasi Multiliterasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Pengajaran karakter sebagai dasar untuk memberikan pemahaman terhadap pengetahuan. Karakter
yang diterapkan berfungsi membekali peserta didik untuk memadukan kompetensi yang
diterima dengan kehidupan nyata (real life education). Tujuan penulisan artikel ini, yaitu (1)
mendeskripsikan implementasi multiliterasi digital dalam pelaksanaan pembelajaran; (2) memberikan
gambaran implementasi pengajaran karakter dalam pembelajaran. Alternatif pengajaran
karakter berbantuan multiliterasi digital sebenarnya sudah tidak asing. Hal ini disebabkan oleh
kebutuhan dalam menghadapi era digital, pengajaran diharapkan dapat mengembangkan dan
menautkan aspek digital dalam proses pembelajaran. Nilai karakter yang dapat diintegrasikan
ke dalam pembelajaran lebih menekankan tentang pentingnya gemar membaca dan menghargai
orang lain. Penggunaan multiliterasi digital dipercaya mampu memberikan inovasi pembelajaran
yang inovatif, kreatif, kekinian, dan multidimensi. Integrasi multiliterasi dimaksudkan untuk
memudahkan pengajar dalam menyampaikan bentuk-bentuk model pembelajaran yang berbasis
pada real life education.