dc.identifier.citation | Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pengajaran Karakter. Bandung: Refika Aditama. Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama. Gormley, K. A., & McDermott, P. (2014). Integrating the Digital Literacies into Literacy Diagnosis. New England Reading Association Journal, 75. Kemendikbud. (2015). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA. Jakarta: Kemendikbud. Kritzer, C. F. (2008). Beyond Books: Making Room for the New Literacies in Teacher Education. USA: UMI Microform. McQuiggan, S. (2015). Mobile Learning: A Handbook for Developers, Educators, and Learners. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. O’Brein, D., & Scharber, C. (2008). Digital Literacies Go to School: Potholes and Possibilities. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 66-68. USAID. (2015). Pembelajaran Literasi: Buku Sumber untuk Dosen LPTK. Jakarta: USAID. Woolley, G. (2014). Developing Literacy in the Primary Clasroom . California: SAGE Pub Ltd. | in_ID |
dc.description.abstract | Pengajaran karakter sebagai dasar untuk memberikan pemahaman terhadap pengetahuan. Karakter
yang diterapkan berfungsi membekali peserta didik untuk memadukan kompetensi yang
diterima dengan kehidupan nyata (real life education). Tujuan penulisan artikel ini, yaitu (1)
mendeskripsikan implementasi multiliterasi digital dalam pelaksanaan pembelajaran; (2) memberikan
gambaran implementasi pengajaran karakter dalam pembelajaran. Alternatif pengajaran
karakter berbantuan multiliterasi digital sebenarnya sudah tidak asing. Hal ini disebabkan oleh
kebutuhan dalam menghadapi era digital, pengajaran diharapkan dapat mengembangkan dan
menautkan aspek digital dalam proses pembelajaran. Nilai karakter yang dapat diintegrasikan
ke dalam pembelajaran lebih menekankan tentang pentingnya gemar membaca dan menghargai
orang lain. Penggunaan multiliterasi digital dipercaya mampu memberikan inovasi pembelajaran
yang inovatif, kreatif, kekinian, dan multidimensi. Integrasi multiliterasi dimaksudkan untuk
memudahkan pengajar dalam menyampaikan bentuk-bentuk model pembelajaran yang berbasis
pada real life education. | in_ID |