Show simple item record

dc.contributor.authorSuprayetno, Edy
dc.date.accessioned2017-07-19T02:46:17Z
dc.date.available2017-07-19T02:46:17Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationKurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta : Graha Ilmu. Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu. Siswanto, Wahyudi. 2011. Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT. Grasindo.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8931
dc.description.abstractDalam kehidupan sehari-hari, sering kali pembelajaran sastra dianggap hanya untuk mengasah kemampuan estetika dan etika. Sastra anak pun serasa diasingkan oleh para pengajar, apalagi mengingat hanya sedikit pengajar yang mampu bersastra. Sastra anak terkesan tidak diajarkan secara menyeluruh oleh para pengajar. Sehingga sudah jarang kita temui sastra anak yang muncul di koran atau majalah yang ditulis oleh anak-anak. Siswanto (2011:173) juga mengatakan bahwa pembelajaran sastra hendaknya digunakan peserta didik sebagai salah satu kecakapan untuk hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. Kecakapan hidup tersebut dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu: kecakapan mengenal diri (self awareness) atau kecakapan personal, kecakapan berpikir rasional (thingking skill), kecakapan sosial (social skill), kecakapan akademik (academic skill), dan kecakapan vokasional (vocational skill). Kelima kecakapan tersebut dapat mengembangkan kepribadian anak secara terstruktur melalui pembelajaran sastra. Dalam hal ini, peneliti membatasi fiksi menjadi cerita rakyat yang ada di Sumatera Utara yang nantinya akan diperdengarkan oleh anak-anak SD Muhammadiyah 36 Medan, seperti cerita Danau Toba, cerita Batu Gantung dan lainlain. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sebagai upaya menumbuhkembangkan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectmenumbuhkembangkan kepribadian anakin_ID
dc.subjectcerita fiksiin_ID
dc.titleUpaya Menumbuhkembangkan Kepribadian Anak melalui Cerita Fiksi di SD Muhammadiyah 36 Medanin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record