Penerapan Pembelajaran Direct Learning pada Penulisan Cerita Pendek sebagai Bagian Menulis Populer Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Berbicara masalah model pembelajaran adalah bagaimana seorang pendidik menciptakan
sebuah kondisi belajar peserta didik. Penciptaan kondisi belajar dimaknai sebagai sebuah usaha
bagaimana peserta didik belajar. Hal ini secara langsung dan sekaligus menyentuh bagaimana
seorang pendidik itu mengajar. Ada banyak pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran
dan salah satunya adalah model pembelajaran direct learning. Penelitian ini bertujuan untuk
menerapkan model pembelajaran direct learning pada penulisan cerita pendek sebagai bagian
menulis populer mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Dalam
penelitian ini penerapan pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa dalam
menulis cerita pendek sebagai salah satu bagian dalam menulis populer. Subjek penelitian ini
adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Penelitian ini
berlangsung selama satu semester. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket,
pengamatan, analisis dokumen hasil mahasiswa dalam menulis cerita pendek. Data yang dianalisis
adalah data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mahasiswa dapat menulis cerita pendek sesuai
dengan rencana pembelajaran yang direncanakan sebelum memasuki kelas. Selama proses
penerapan pembelajaran menulis cerita pendek, peneliti telah mempunyai inovasi, kreativitas
serta keterampilan yang memadai dalam menulis, sehingga proses pembelajaran menulis sesuai
dengan yang diharapkan dalam rencana pembelajaran.