Show simple item record

dc.contributor.authorAnsoriyah, Siti
dc.date.accessioned2017-07-19T03:05:06Z
dc.date.available2017-07-19T03:05:06Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationDe Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, terjemahan Alawiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa. Pardiyono. 2006. 12 Writing Clues for Better Writing Competence. Yogyakarta: Andi. Rampan, Korrie Layun. 1995. Dasar-Dasar Penulisan Cerpen. Ende: Nusa Indah. Siswanto, Wahyudi. 2016. Model Pembelajaran menulis Cerita. Bandung: Refika Aditama. Sugono,Dendy. 2009. Mahir Berbahasa dengan Benar. Jakarta: Gramedia.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8938
dc.description.abstractBerbicara masalah model pembelajaran adalah bagaimana seorang pendidik menciptakan sebuah kondisi belajar peserta didik. Penciptaan kondisi belajar dimaknai sebagai sebuah usaha bagaimana peserta didik belajar. Hal ini secara langsung dan sekaligus menyentuh bagaimana seorang pendidik itu mengajar. Ada banyak pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran dan salah satunya adalah model pembelajaran direct learning. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran direct learning pada penulisan cerita pendek sebagai bagian menulis populer mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Dalam penelitian ini penerapan pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi mahasiswa dalam menulis cerita pendek sebagai salah satu bagian dalam menulis populer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UNJ. Penelitian ini berlangsung selama satu semester. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan, analisis dokumen hasil mahasiswa dalam menulis cerita pendek. Data yang dianalisis adalah data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mahasiswa dapat menulis cerita pendek sesuai dengan rencana pembelajaran yang direncanakan sebelum memasuki kelas. Selama proses penerapan pembelajaran menulis cerita pendek, peneliti telah mempunyai inovasi, kreativitas serta keterampilan yang memadai dalam menulis, sehingga proses pembelajaran menulis sesuai dengan yang diharapkan dalam rencana pembelajaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectpenerapanin_ID
dc.subjectdirect learningin_ID
dc.subjectpenulisan cerita pendekin_ID
dc.titlePenerapan Pembelajaran Direct Learning pada Penulisan Cerita Pendek sebagai Bagian Menulis Populer Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record