Media Literasi Kalender Cerita Bermuatan Nilai Karakter sebagai Strategi Penguatan Revolusi Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah
Abstract
Revolusi mental dicanangkan pemerintah sebagai agenda perubahan kualitas sumberdaya
manusia ke arah yang lebih baik. Tercapainya hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan
pendidikan bermuatan nilai karakter yang diberikan sejak dini. Literasi sebagai kompetensi yang
diajarkan pada pendidikan tahap awal sangat mungkin untuk diintegrasikan dengan nilai karakter,
hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya bisa membaca dan menulis saja tetapi juga bisa
mengembangkan karakter yang positif. Artikel konseptual ini membahas konsep pengembangan
media literasi tahap awal berupa kalender cerita yang bermuatan nilai karakter untuk siswa SD
kelas rendah. Kalender cerita yang awalnya hanya menekankan pada kompetensi kemudian disisipi
nilai karakter melalui pemilihan tema dan latihan-latihan dalam kalender cerita. Kalender cerita
ini nantinya dapat digunakan di sekolah dengan pendampingan guru maupun di rumah dengan
pendampingan orang tua. Dengan digunakannya media ini, selain siswa memperoleh kemampuan
literasi, siswa juga dapat menginternalisasi nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Melalui
pendekatan asesmen portofolio dapat diketahui kemampuan dan keberhasialan literasi siswa,
sedangkan penilaian sikap dapat menggunakan asesmen observasi.