Show simple item record

dc.contributor.authorHermanto, Riko
dc.contributor.authorAnisyah, A.
dc.date.accessioned2017-07-19T03:09:32Z
dc.date.available2017-07-19T03:09:32Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8940
dc.description.abstractRevolusi mental dicanangkan pemerintah sebagai agenda perubahan kualitas sumberdaya manusia ke arah yang lebih baik. Tercapainya hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan pendidikan bermuatan nilai karakter yang diberikan sejak dini. Literasi sebagai kompetensi yang diajarkan pada pendidikan tahap awal sangat mungkin untuk diintegrasikan dengan nilai karakter, hal ini dimaksudkan agar siswa tidak hanya bisa membaca dan menulis saja tetapi juga bisa mengembangkan karakter yang positif. Artikel konseptual ini membahas konsep pengembangan media literasi tahap awal berupa kalender cerita yang bermuatan nilai karakter untuk siswa SD kelas rendah. Kalender cerita yang awalnya hanya menekankan pada kompetensi kemudian disisipi nilai karakter melalui pemilihan tema dan latihan-latihan dalam kalender cerita. Kalender cerita ini nantinya dapat digunakan di sekolah dengan pendampingan guru maupun di rumah dengan pendampingan orang tua. Dengan digunakannya media ini, selain siswa memperoleh kemampuan literasi, siswa juga dapat menginternalisasi nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Melalui pendekatan asesmen portofolio dapat diketahui kemampuan dan keberhasialan literasi siswa, sedangkan penilaian sikap dapat menggunakan asesmen observasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectLiterasiin_ID
dc.subjectKalender Ceritain_ID
dc.subjectKarakterin_ID
dc.subjectRevolusi Mentalin_ID
dc.titleMedia Literasi Kalender Cerita Bermuatan Nilai Karakter sebagai Strategi Penguatan Revolusi Mental Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendahin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record