Show simple item record

dc.contributor.authorMulyanti, Sri
dc.date.accessioned2017-07-19T03:17:03Z
dc.date.available2017-07-19T03:17:03Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationREFERENSI Borg, R Walter dan Gall Meredith D. 1989. Educational Research An Introduction. Longman: Fifth Edition. Chaedar Alwasilah. (2005). “Kurikulum Berbasis Literasi”, dalam https://jasmansyah76.wordpress.com/2008/08/13/kurikulum-berbasis-literasi/ diakses 20 Februari 2017. Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Emilia, Emi. 2016. Pendekatan Berbasis Teks dalam Pengajaran bahasa Inggris. Bandung:Kiblat. Kemdikbud RI. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Tersedia pada http://cerdasberkarakter.kemdikbud. go.id. Diakses 20 Februari 2017. Mulyanti, Sri. 2012. Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Pendidikan Karakter. Upi Bandung: Disertasi. Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. Salinan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Subadriyah, dkk (2013). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Dalam Peningkatan Membaca Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabetain_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8943
dc.description.abstractAkhir-akhir ini hal berkenaan dengan literasi hangat diperbincangkan seantero Indonesia. Gerakan Literasi di Sekolah (GLS) sudah diterapkan di hampir seluruh sekolah. GLS ini mendukung gerakan penumbuhan budi pekerti seperti tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015. Dalam Permen tersebut ditegaskan bahwa setiap hari siswa menggunakan 15 (lima belas) menit sebelum pembelajaran untuk membaca buku selain buku pelajaran. Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari agar menjadi sebuah kebiasan. Siswa diharapkan memiliki kebiasan membaca. Kegiatan membaca ini diharapkan pula berdampak pada kompetensi menulis, berpikir kritis dan mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulis serta memiliki karakter yang baik. Hal tersebut tentu harus didukukng dengan pembelajaran literasi di kelas. Subandriah (2013) mengungkapkan bahwa model pembelajaran literasi adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan untuk melaksanakan kegiatan di kelas atau pembelajaran tutorial untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan berpikir, berbicara, membaca, dan menulis untuk membangun suatu kemampuan pada operasi kognitif tertentu dengan tulisan, perkataan, kalimat, dan teks agar mampu berkomunikasi untuk melayani tuntutan masyarakat modern. Banyak pendekatan, metode, dan strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran literasi. Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran literasi dengan menggunakan panduan pembelajaran yang disusun berdasarkan gabungan beberapa metode dan teknik mengajar yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Selain itu, panduan pembelajaran literasi ini juga menjadikan siswa belajar literasi dengan gembira tanpa beban belajar yang berarti tetapi menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi literasi yang unggul sehingga menjadi komunikator yang baik. Pengembangan Kurikulum 2013 menempatkan kemampuan berkomunikasi menduduki urutan pertama sebagai kompetensi masa depan bagi para siswa. Ini berarti siswa dituntut untuk mahir berkomunikasi baik lisan maupun tulis.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectliterasiin_ID
dc.subjectpembelajaran lieterasiin_ID
dc.subjectpembelajaran lieterasiin_ID
dc.subjectkemampuan berkomunikasiin_ID
dc.titlePembelajaran Literasi yang Berkarakterin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record