dc.contributor.author | Siroj, Muhammad Badrus | |
dc.date.accessioned | 2017-07-19T03:19:40Z | |
dc.date.available | 2017-07-19T03:19:40Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Asah-Asuh: Membangun Karakter & Budaya Bangsa. 2010. Produk Pendidikan Karakter. Edisi 3/Th I, Mei 2010. Aqib, Zainal dan Elham Rohmanto. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Kampus. Bandung:Yrama Widya. Campbell, David. 1986. Take The Road to Creativity and Get off Your Dead end. Saduran. Yogyakarta: Kanisius. Davis, G. & J. Scott (eds). 1992. Training Creative Thinking. New York:Holt Rinehart and Winston. Fobes, Richard. 2009. “Creative Problem Solving: A Way to Forecast and Create a Better Future.” http://perpus.unnes.ac.id_situs jurnal_ProQuest_The Futurist. Diunduh Harras, Kholid A. dan Lilis Sulistianingsih. 1997/1998. Membaca 1. Jakarta:Depdikbud. Hornby, A.S. dan E. C. Parnwell. 1972. Learner`s Dictionary. Kuala Lumpur:Oxford University Press. Jenkins, Henry. 2007. Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21stCentury. Chicago: MacArthur Foundation Kathena, J. 1992. “Creativity is too Difficult to Measure!” Gifted Child Quarterly. Lehman, M. 1973. Age and Achievement. New Jersey:Princeton University Press. Madhi, Jamal. 2009. Minal Mumkin An Takuna Mubdi`an. Terjemahan: Kreatif Berpikir. Surakarta: Ziyad Visi Media. Narvaez, Darcia dan Daniel K. Lapsley. 2010. “Teaching Moral Character: Two Strategies for Teacher Education.” International Journal of Ethical Education University of Notre Dame. http://www.nd.edu/~dnarvaez/documents/NarvaezLapsleyTeacher.pdf. Diunduh 11-2- 2017. Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca: Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Kampus Dasar. Jakarta:Bumi Angkasa. Schaefer, C.E. & A. Anastasi. 1971. “A Biographical Inventory for Identifying Creativity in adolescent Boys”. International Journal of Applied Psychology. Taylor, D.W. 1963. “Variables Related to Creativity and Productivity Among Men in Two Research Laboratories” dalam Scientific Creativity: Its Recognition and Development. New York:John Wiley & Sons. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8944 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini menghasilkan model pusat kajian literasi dalam meningkatkan budaya membaca
mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Adapun tujuannya untuk mengidentifikasi, mengetahui
karakteristik, serta menghasilkan model pusat kajian literasi. Untuk mencapai tujuan tersebut,
penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan “penelitian dan pengembangan”. Dari hasil
pembahasan dapat disimpulkan bahwa pusat kajian literasi adalah wadah pengembangan gerakan
literasi di perguruan tinggi yang dapat membantu meningkatkan budaya membaca di perguruan
tinggi baik melalui media konvensional atau media modern. Pusat kajian literasi dilaksanakan
secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan perguruan tinggi. Kesiapan yang perlu
diperhatikan meliputi fasilitas, kelengkapan pustaka, sarana dan prasarana, kesiapan civitas
akademik, dan pendukung lainnya. Selain itu, perlu dukungan publik, lembaga, dan kebijakan
lembaga yang mendukung. Perguruan tinggi seharusnya memiliki pusat kajian literasi untuk
memperkuat keilmuan. Unnes sebagai rumah ilmu dapat diperkuat bangunannya dengan gerakan
literasi perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan hal berikut: 1) membuat suasana
kampus yang ramah literasi sehingga membuat warga kampus merasakan secara langsung
situasi dan kondisi kampus; 2) menciptakan kondisi lingkungan sosial sebagai wadah interaksi
komunikasi yang baik antarwarga kampus; dan 3) mengupayakan kampus sebagai lingkungan
akademik yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan literasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | model pusat kajian literasi | in_ID |
dc.subject | perguruan tinggi | in_ID |
dc.subject | budaya membaca | in_ID |
dc.title | Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi Guna Meningkatan Budaya Membaca Mahasiswa Universitas Negeri Semarang | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |