Urgensi Literasi Komunikasi dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing
View/ Open
Date
2017-04-04Author
Rahmawati, Laili Etika
Suwandi, Sarwiji
Saddhono, Kundharu
Setiawan, Budhi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mengeksplanasikan urgensi literasi komunikasi dalam pengembangan tes
kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing. Penelitian ini merupakan bagian dari
penelitiaan pengembangan (R&D) yang secara khusus dilaksanakan pada tahap eksplorasi. Objek
penelitian ini adalah pustaka-pustaka yang mendasari pengembangan instrumen tes kompetensi
berbahasa Indonesia mahasiswa asing yang mengarah pada pengembangan tes komunikatif.
Berdasarkan hasil eksplorasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes
kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang selama ini dilakukan masih
mengarah pada pengembangan tes yang bersifat diskrit. Pengembangan tes kompetensi berbahasa
Indonesia untuk mahasiswa asing yang bersifat komunikatif hendaknya dikembangkan dengan
mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan literasi komunikasi yang secara spesifik terdiri
atas literasi gramatikal, literasi sosiolinguistik, literasi wacana, dan literasi strategi.