Urgensi Literasi Komunikasi dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing
dc.contributor.author | Rahmawati, Laili Etika | |
dc.contributor.author | Suwandi, Sarwiji | |
dc.contributor.author | Saddhono, Kundharu | |
dc.contributor.author | Setiawan, Budhi | |
dc.date.accessioned | 2017-07-19T03:38:59Z | |
dc.date.available | 2017-07-19T03:38:59Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Bachman, L.F. (1990). Fundamental Considerations in Language Testing. Oxford: Oxford University Press. Brown, H. D. (2004). Language Assesment, Principles and Classroom Practice. San Fransisco: Longman. Douglas, D. (2000). Assessing Language for Specific Purposes. United Kingdom: Cambridege University Press. Hughes, A. (1996). Testing for Language Teachers. Melbourne: Cambridge University Press. Hymes, D. (1974). Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach.Philadelphia: University of Pennsylvania Press. Namdar, Sara dan Bagheri, Mohammad Sadegh. (2012). The Effect of Instructing Impression Management Behaviour on Maximizing Applicants’ Performance in the IELTS Speaking Test. English Language Teaching, 5 (4), 150-160. Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Soerjowardhana, A. dan Nugroho, R. Arief. 2016. “Gambit dalam Pembelajaran BIPA”. Prosiding SEMAR BIPA 1 68-72. Suhita, Damayanti. (2016). “Materi Ajar BIPA Berbasis Dialog Autentik”. Prosiding Konferensi BIPA I 140-142. Wahyuni, S. & Ibrahim, A. S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama. Weir, C. (1990). Communicative Language Testing. New York: Prentice Hall. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8947 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengeksplanasikan urgensi literasi komunikasi dalam pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitiaan pengembangan (R&D) yang secara khusus dilaksanakan pada tahap eksplorasi. Objek penelitian ini adalah pustaka-pustaka yang mendasari pengembangan instrumen tes kompetensi berbahasa Indonesia mahasiswa asing yang mengarah pada pengembangan tes komunikatif. Berdasarkan hasil eksplorasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang selama ini dilakukan masih mengarah pada pengembangan tes yang bersifat diskrit. Pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang bersifat komunikatif hendaknya dikembangkan dengan mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan literasi komunikasi yang secara spesifik terdiri atas literasi gramatikal, literasi sosiolinguistik, literasi wacana, dan literasi strategi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | literasi | in_ID |
dc.subject | komunikasi | in_ID |
dc.subject | tes | in_ID |
dc.subject | berbahasa Indonesia | in_ID |
dc.subject | mahasiswa asing | in_ID |
dc.title | Urgensi Literasi Komunikasi dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Proceeding of The 1st ICoLLiT
Revitalizing Literacy Culture