Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Laili Etika
dc.contributor.authorSuwandi, Sarwiji
dc.contributor.authorSaddhono, Kundharu
dc.contributor.authorSetiawan, Budhi
dc.date.accessioned2017-07-19T03:38:59Z
dc.date.available2017-07-19T03:38:59Z
dc.date.issued2017-04-04
dc.identifier.citationBachman, L.F. (1990). Fundamental Considerations in Language Testing. Oxford: Oxford University Press. Brown, H. D. (2004). Language Assesment, Principles and Classroom Practice. San Fransisco: Longman. Douglas, D. (2000). Assessing Language for Specific Purposes. United Kingdom: Cambridege University Press. Hughes, A. (1996). Testing for Language Teachers. Melbourne: Cambridge University Press. Hymes, D. (1974). Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach.Philadelphia: University of Pennsylvania Press. Namdar, Sara dan Bagheri, Mohammad Sadegh. (2012). The Effect of Instructing Impression Management Behaviour on Maximizing Applicants’ Performance in the IELTS Speaking Test. English Language Teaching, 5 (4), 150-160. Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE. Soerjowardhana, A. dan Nugroho, R. Arief. 2016. “Gambit dalam Pembelajaran BIPA”. Prosiding SEMAR BIPA 1 68-72. Suhita, Damayanti. (2016). “Materi Ajar BIPA Berbasis Dialog Autentik”. Prosiding Konferensi BIPA I 140-142. Wahyuni, S. & Ibrahim, A. S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama. Weir, C. (1990). Communicative Language Testing. New York: Prentice Hall.in_ID
dc.identifier.issn2549-5607
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8947
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengeksplanasikan urgensi literasi komunikasi dalam pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitiaan pengembangan (R&D) yang secara khusus dilaksanakan pada tahap eksplorasi. Objek penelitian ini adalah pustaka-pustaka yang mendasari pengembangan instrumen tes kompetensi berbahasa Indonesia mahasiswa asing yang mengarah pada pengembangan tes komunikatif. Berdasarkan hasil eksplorasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang selama ini dilakukan masih mengarah pada pengembangan tes yang bersifat diskrit. Pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang bersifat komunikatif hendaknya dikembangkan dengan mempertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan literasi komunikasi yang secara spesifik terdiri atas literasi gramatikal, literasi sosiolinguistik, literasi wacana, dan literasi strategi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectliterasiin_ID
dc.subjectkomunikasiin_ID
dc.subjecttesin_ID
dc.subjectberbahasa Indonesiain_ID
dc.subjectmahasiswa asingin_ID
dc.titleUrgensi Literasi Komunikasi dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asingin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record