Iklan dan Film sebagai Solusi Penunjang Penanaman Minat Membaca Usia Dini
View/ Open
Date
2017-04-04Author
Sukardi, Mochamad Ighfir
Yuwana, Rawuh Yuda
Metadata
Show full item recordAbstract
Rendahnya budaya literasi di Indonesia adalah sebuah kenyataan, tidak perlu menampilkan datadata
atau merujuk pada sebuah buku. Cukup dengan membuka mata kita dan bertanya pada diri
kita sendiri. Tentu untuk memenuhi kebutuhan kelayakan dalam dunia ilmiah penelitian tentang
rendahnya budaya literasi di Indonesia harus tetap dilakukan. Hasil penelitian yang berdasar pada
data-data empiris diharapkan mampu menunjang kelayakan solusi yang diajukan dalam penulisan
ini. Minat baca yang dikembangkan pada usia dini menjadi landasan penting bagi berkembangnya
budaya baca. Pada masa golden age perkembangan otak anak dapat mencapai 80%. Penelitian ini
bertujuan untuk 1) mendeskripsikan seberapa jauh pemahaman masyarakat tentang budaya literasi
dan ketertarikannya. 2) mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam upaya
penanaman minat baca. 3) mendeskripsikan respons masyarakat terhadap solusi yang ditawarkan
peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap budaya
literasi. Masyrakat membutuhkan penunjang untuk menumbukan kesadaran budaya literasi. Iklan
dan film mampu memberikan pengaruh yang signifikan. Masyarakat menanggapi baik solusi yang
ditawarkan peneliti. Pengabadian gagasan dari ruang-ruang akademik hanya akan jadi konsumsi
kaum akademik saja. Belum tentu bisa menjadi gerakan nyata dalam skala nasional.Berangkat
dari kenyataan ini, tentu layak untuk dipertimbangkan usulan membuat iklan dan film sebagai
penunjang penanaman minat membaca.