Menumbuhkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar
Abstract
Rendahnya budaya literasi di kalangan pelajar saat ini menjadi tantangan bagi orang tua dan
guru untuk menumbuhkan kembali budaya literasi mereka. Karena dengan meningkatkan
budaya literasi akan membentuk generasi muda yang memiliki kompetensi di bidangnya,
dan memiliki keluasan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan budaya
literasi di kalangan pelajar memerlukan sinergi antara pemerintah, guru, dan orang tua.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada
siswa, guru, dan kepala sekolah di SMA Al-Amin yang berada di Desa Tunggul,
Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan program inovasi dalam pembiasan budaya literasi di sekolah, dengan prinsip
literasi yang bersifat berimbang dan sesuai dengan tahap perkembangan pelajar, program ini
memiliki tiga implementasi program, yaitu E-Puskata, Mentoring Kata, dan Arisan Kata.
Dengan upaya tersebut diharapkan budaya literasi yang merupakan ciri khas pelajar dapat
kembali melekat pada diri mereka.