Imaji Manusia dan Persahabatan pada Cerita Anak Jepang melalui Resepsi Mahasiswa Prodi Sastra Jepang UNPAD
Abstract
Pembaca yang dijadikan objek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sastra Jepang
Universitas Padjadjaran yang mengikuti Mata Kuliah Nihon Bungaku (Kesusastraan Jepang)
pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan imaji tentang manusia
dan makna persahabatan yang digambarkan dalam cerita anak Jepang, melalui pembacaan yang
dilakukan oleh para mahasiswa mata kuliah tersebut. Cerita anak Jepang yang akan digunakan
adalah kumpulan cerita anak yang berjudul Akai Rosoku to Ningyo. Dengan demikian, pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik terhadap karya sastra yang
mengutamakan pembaca. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis interpretasi yang ditulis
mahasiswa mengenai imaji manusia dan persahabatan pada cerita anak Jepang yang dipilih
selama perkuliahan tersebut. Berdasarkan pembacaan terhadap cerita anak tersebut, mahasiswa
menemukan bahwa cerita anak Jepang memiliki nilai didaktis yang menggambarkan manusia
sebagai mahluk yang memiliki sisi positif dan negatif, dari kacamata mahluk lain dan menekankan
pada pentingnya nilai persahabatan, baik antara manusia ataupun persahabatan dengan mahluk
lain. Hasil penelitian ini selanjutnya diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran, dan metode
untuk kajian Sastra Jepang di Indonesia.