Respon Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus
View/ Open
Date
2017-04-04Author
Sukowati, Ika
Suryani, Nunuk
Yusuf, Munawir
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SLB D YPAC
Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan
pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pendidikan khusus yang menggunakan pendekatan
saintifik dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Subyek penelitian adalah yaitu peserta didik SMPLB kelas VII yang berjumlah 7 siswa, kelas
VIII yang berjumlah 8 siswa, kelas IX yang berjumlah 10 siswa, total 25 siswa. Pengambilan
sample sebagai subyek penelitian menggunakan teknik purposeful sampling. Pengambilan data
menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik
dengan mengkonversi data kuantitatif menjadi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
respon siswa selama kegiatan pembelajaran setelah diterapkan Kurikulum 2013 pendidikan
khusus pada tema 1 sangat positif dan diterima baik oleh siswa.