dc.contributor.author | Sukowati, Ika | |
dc.contributor.author | Suryani, Nunuk | |
dc.contributor.author | Yusuf, Munawir | |
dc.date.accessioned | 2017-07-19T04:20:41Z | |
dc.date.available | 2017-07-19T04:20:41Z | |
dc.date.issued | 2017-04-04 | |
dc.identifier.citation | Ari. (2005). Literatur Tunadaksa. http://www.e-psikologi.com/januari2005 disunting 6 Januari 2017 pk. 22.00. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 5 Ayat 1 dan 2. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. E. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ika Budhi Utami. (2015) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas II Sdn Prembulan, Pandowan, Galur, Kulon Progo. Skripsi Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta Kemdikbud. (2013). Model Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. M. Nursalim. dan Suradi. (2007). Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa University Press. Tim Pengembang UNJ. (2013). Modul Pembelajaran untuk Anak Tunadakasa. PLPG Sertifikasi Guru Rayon 9. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2549-5607 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/8956 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SLB D YPAC
Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan
pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pendidikan khusus yang menggunakan pendekatan
saintifik dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Subyek penelitian adalah yaitu peserta didik SMPLB kelas VII yang berjumlah 7 siswa, kelas
VIII yang berjumlah 8 siswa, kelas IX yang berjumlah 10 siswa, total 25 siswa. Pengambilan
sample sebagai subyek penelitian menggunakan teknik purposeful sampling. Pengambilan data
menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik
dengan mengkonversi data kuantitatif menjadi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
respon siswa selama kegiatan pembelajaran setelah diterapkan Kurikulum 2013 pendidikan
khusus pada tema 1 sangat positif dan diterima baik oleh siswa. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Respon siswa | in_ID |
dc.subject | Pelaksanaan pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Kurikum 2013 | in_ID |
dc.subject | Pendidikan Khusus | in_ID |
dc.title | Respon Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |