Peran Pendidikan Orang Tua dan Keterpaparan Informasi dengan Perilaku Siswa dalam Mengolah Sampah di Sekolah
Abstract
Paradigma sehat yang proaktif semakin berkembang saat ini untuk menciptakan percepatan perbaikan derajat
kesehatan masyarakat melalui peran orang sekitar dan media informasi yang relevan. Permasalahan global
sehubungan dengan masa depan perkotaan salah satunya adalah jumlah sampah perkotaan. Salah satu langkah
strategis perlu dilakukan oleh sumber penghasil sampah dalam meminimalisasi volume sampah yaitu pengelolaan
sampah di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan orang tua
dan keterpaparan informasi dengan perilaku siswa dalam mengolah sampah sekolah Penelitian ini menggunakan
desain studi observasional cross sectional untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua
dan keterpaparan informasi dengan perilaku siswa dalam mengolah sampah di Sekolah Menengah Kejuruan 3
Yogyakarta.. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2016. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa selaku responden.
Metode analisis yang digunakan yaitu uji hubungan dengan uji Chi Square (X²) tingkat kemaknaan p < 0,05. Hasil
penelitian ini menunjukkan tingkat pendidikan orang tua dan keterpaparan media informasi berhubungan dengan
perilaku siswa dalam mengolah sampah sekolah dengan nilai masing-masing p-value variabel (p=0,008) dan
(p=0,000). Dengan demikian, ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan keterpaparan
informasi yang relevan dengan perilaku siswa dalam upaya mengolah sampah sekolah.