Show simple item record

dc.contributor.authorFathoni, Achmad
dc.contributor.authorSudrajat, Kukuh Sandy
dc.contributor.authorPrabowo, David
dc.date.accessioned2017-07-26T02:03:16Z
dc.date.available2017-07-26T02:03:16Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationLaboratorium Microteaching & PPL. 2014. Buku Pedoman Magang 1. Surakarta: Laboratorium Microteaching & PPL. Larasati, Niken Ayu. 2012. “Persepsi Guru Pembimbing terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Praktik KKN-PPL Universitas Negeri Yogyakarta di SMK PIRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013” Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru Septianasari, Hani. 2015. “Efektifitas Program PPL-KKN Integratif dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar pada Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Tahun 2014”. Skripsi. Univeritas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yuliasanti, Ratna. 2009. “Persepsi Guru Pamong terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang Melakukan Praktik Pengalaman Lapangan” Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9058
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru SD yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1. Penguatan Kompetensi Paedagogik meliputia. mahasiswa magang memahami istilah kurikulum.b. mahasiswa memiliki kemampuan merumuskan indikator pembelajaran. c .Mahasiswa magang memiliki kemampuan menyiapkan bahan pelajaran.d.mahasiswa magang menguasai pengetahuan keguruan. e. mahasiswa magang mengusai pengetahuan yang diajarkan; 2.Penguatan Kompetensi Profesional meliputi a.mahasiswa magang mempunyai peryaca diri.b.mahasiswa magang memiliki konsekuensi & persiapan dalam profesi. c. mahasiswa magang selalu mengevaluasi kelemahan diri; 3.Penguatan Kompetensi Sosial meliputia. mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi. b. mahasiswa memiliki kemampuan berorganisasi; dan 4.Penguatan Kompetensi Kepribadian meliputi a.mahasiswa terampil dalam mengorganisasikan urutan materi. b. mahasiswa terampil dalam menyiapkan bahan pembelajaran.c.mahasiswa terampil merumuskan indikator pembelajaran. d.mahasiswa menguasai pengetahuan keguruan. e.mahasiswa mengusai pengetahuan yang diajarkan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectpenguatan kompetensi calon guruin_ID
dc.subjectprogram magangin_ID
dc.titlePenguatan Kompetensi Calon Guru Melalui Program Magang Pada Mahasiswa PGSD FKIP UMSin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record