Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa) by Issue Date
Now showing items 1-20 of 48
-
Pengembangan Materi Ajar dan Model Pembelajaran Berorientasi dan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif dan Positif
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Studi ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan materi ajar dan model pembelajaran yang berorientasi dan berstrategi pada tindak kesantunan direktif (TKD) dan tindak kesantunan positif. Metode penelitian ini berbentuk ... -
Analisis Karya Keterampilan Dua Dimensi Teknik Montase: Studi Kasus Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Gendol 7 Sleman Yogyakarta
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penulisan ini adalah membantu guru sekolah dasar dalam membuat bahan ajar berbasis seni dan budaya dengan teknik montase, sehingga diperoleh suatu hasil yang pada umumnya disebut hasil pengajaran dan dapat ... -
MEA dan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)khir tahun 2015 atau memasuki awal tahun 2016, seluruh negara ASEAN telah menyepakati adanya integrasi ekonomi yang bernama MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). MEA atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ASEAN Economic ... -
Pengaruh Model Asesmen Terhadap Higher Order Thinking Skill dan Keterampilan Proses Sains Yang Dikontrol Oleh Past Performance
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata higher order thinking skill dan keterampilan proses sains pada kelompok asesmen terintegrasi dan konvensional yang ditinjau dari past performance, serta untuk ... -
Bias Penulisan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)This study is aimed to identify the form of character values in the textbook of Islamic Religion Education for primary school and the correspondence with character values formulated by Center of Curriculum of Ministry ... -
Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan ... -
Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas perhatian ... -
Analisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Piyungan
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pembekalan pada guru-guru SD di Kecamatan Piyungan untuk dapat ... -
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Fakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, ... -
Praktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alam
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kurikulum dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah alam. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan ... -
The Digital Story Telling Development And Its Application For The PGSD Students Speaking Ability
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)The objective of this research was the development and the application of Digital Story Telling media to PGSD (Elementary School Teacher candidate) speaking ability. This research aimed to describe how the development ... -
Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar ... -
Pengaruh Strategi MURRDERR, Minat Penjurusan, dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Creative thinking ability and disposition (CTAD) dituntut dalam aktivitas belajar matematika dalam penguatan program belajar guru sekolah dasar (PGSD). Untuk itu, pemilihan pendekatan dan strategi yang tepat akan membuat ... -
Pendekatan Placed-Based Education Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Optimalisasi Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Tingkat Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Berdasarkan karakteristik pendekatan ilmiah, kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat dekat dengan pengajaran sains. Kegiatan dalam pendekatan berupa kegiatan mengamati, bertanya, mengelompokkan, memperkirakan, ... -
Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Teacherpreneurship di Era MEA
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam: 1)meningkatkan pengetahuan kewirausahaan bagi guru di era MEA; 2) menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan bagi guru di era MEA; ... -
Evaluasi Program Magang Mahasiswa PGSD di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat: mendeskripsikan pelaksanaan Program Magang prodi PGSD, mendapatkan informasi tentang hambatan, dan kendala pelaksanaan Magang sejak perencanaan hingga pelaksanaan Magang, informasi ... -
Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Studi Konseptual
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pendidikan dasar mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia baik di bidang intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Perencanaan pembelajaran yang baik pada mata pelajaran ... -
Tindak Tutur Negatif Pada Media Sosial : Studi Kasus Anak Usia Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Pemakaian bahasa yang dipakai oleh seorang penutur mencerminkan kemampuan kognitif atau kemampuan berpikir seseorang. Sebab apa yang diungkapkan oleh lisan adalah satu hal yang dipikirkan oleh orang tersebut. Kegiatan ... -
Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan ... -
Perspektif Calon Guru Terhadap Konsep Guru Profesional
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Artikel ini memaparkan hasil penelitian tentang perspektif calon guru terhadap konsep guru yang profesional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi jenis kompetensi yang paling dominan yang harus dimiliki oleh seorang ...