Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2017-05-13Author
Desternelli
Hayati, Suci
Wijayanti, Mei Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan lagu wajib nasional siswa
SDN 111.I Muarabulian menggunakan Solfegio. Penelitian ini menggunakan metode PTK kolaboratif.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Solfegio dapat meningkkatkan kemmapuan menyanyi
siswa. Hal ini terlihat dari aspek menyanyi skala musikal pada siklus pertama dimana sebanyak
64,71% mampu bernyanyi selaras dengan not musik. Pada siklus kedua meningkat menjadi 76,47%
dan menjadi 82,35% pada Siklus III. Sementara itu, aspek nyanyian nada nada berbasis nada musik
pada siklus I adalah 52,94% meningkat menjadi 58,82% pada siklus II yang mencapai 76,47% pada
siklus III. Selanjutnya, aspek melodi yang harmonis bernyanyi dengan not musik pada siklus I
meningkat 52,94% pada siklus II sebanyak 76,47% dan mencapai 79,41% pada siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan menyanyi
siswa Nasional Kelas IV SDN 111 / I Muarabulian dapat diimplementasikan dengan metode Solfegio
selama kelas musik (bernyanyi) dengan berlatih bernyanyi: (1) musikal Skala, (2) interval nada, dan
(3) melodi.