Peran Promosi dan Rekomendasi Dalam Pembentukan Harapan Pembeli Online terhadap Penjual Online yang Memiliki Kredibilitas (Studi: Beteng Trade Center Solo)
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Imani, Yafie Miftah
Nugroho, Eko
Winarno, Wing Wahyu
Metadata
Show full item recordAbstract
Menurut beberapa survei yang telah dilakukan, sebagian besar masyarakat Indonesia
menggunakan internet untuk melakukan pembelanjaan online. Namun, di Indonesia banyak
penjual online yang hanya bermodalkan aplikasi chat dan media sosial untuk berjualan. Hal
tersebut mengakibatkan mudahnya penjual yang tidak bertanggung jawab untuk menipu
pembelinya, dengan cara meniru hal yang dilakukan oleh penjual yang memiliki kredibilitas
dilingkungannya. Hal tersebut menyebabkan kekecewaan konsumen, karena tidak terjadinya
kepuasan konsumen tersebut terhadap transaksi online yang telah berlangsung. Penelitian ini
bertujuan untuk memberikan informasi dan memaparkan terbentuknya harapan seorang
pembeli sebelum melakukan pembelian secara online yang selanjutnya akan menghasilkan
kepuasan konsumen, kepada penjual online yang memiliki kredibilitas dalam berjualan.
Dalam penelitian ini mengusulkan model yang didapat dari modifikasi Expectation Confirm
Theory, dengan menambahkan variabel rekomendasi dan promosi yang mempengaruhi
harapan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan
populasi konsumen di Beteng Trade Center yang pernah bertransaksi online kepada pedagang
BTC. Metode simple random sampling peneliti pilih dalam memilih sample penelitian untuk
mengisi kuesioner yang bertujuan dalam pengambilan data. Setelah data diperoleh, peneliti
akan menggunakan metode analisis berbasis SEM-PLS dalam mengolah data tersebut. Pada
penelitian ini menghasilkan bahwa rekomendasi dan promosi memiliki pengaruh signifikan
terhadap harapan konsumen. Indikator promosi yang memiliki dampak tertinggi adalah
diskon, sedangkan indikator rekomendasi yang memiliki dampak tertinggi adalah testimoni
dan orang sekitar yang proaktif.