Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Puspitasari, Dyah
Santoso, Sigit
Karyanto, Puguh
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
berbasis Pictorial Riddle dan metode Ceramah untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; (2)
Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah pada materi
pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; dan (3) Untuk
mengetahui interaksi antara model pembelajaran Inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan
kemampuan berpikir kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA
Negeri 1 Pulokulon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasy
Experimental) dengan rancangan post test design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu
kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel
penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data penelitian diperoleh
melalui tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Analisis data menggunakan
teknik analisis varians faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengaruh model
pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle lebih tinggi dibandingkan metode ceramah
pada siswa SMA Negeri 1 Pulokulon; (2) Hasil pencapaian nilai pada materi pengetahuan
dasar pemetaan antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi
dibanding siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah pada siswa kelas X IPS
SMA Negeri 1 Pulokulon; (3) Pengaruh interaksi antara pembelajaran Inkuiri berbasis
Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan
pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis rendah
pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon menunjukkan perbedaan yang signifikan.