Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitasari, Dyah
dc.contributor.authorSantoso, Sigit
dc.contributor.authorKaryanto, Puguh
dc.date.accessioned2017-07-31T02:33:07Z
dc.date.available2017-07-31T02:33:07Z
dc.date.issued2017-05-24
dc.identifier.citation[1] Ah Sanaky Hujair. 2011. Media Pembelajaran, Yogyakarta : Kaukaba. [2] Arikunto, Suharsini. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. [3] Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. [4] Budiyono.2004. Statistika Dasar untuk Penelitian. Surakarta: FKIP UNS Press. [5] Danie, B. 2008. Teknik-Teknik yang Berpengaruh di Ruang Kelas. Jakarta: PT Indeks. [6] Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. [7] Daryanto.2010.Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya. [8] Djaramah, Syaiful Bakri. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT. Usaha Nasional. [9] Enco Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. [10] Fisher, Alec. (2007). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga. [11] Fisika Uniflor UPI. 2011. “ Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran SAINS”.(dalam Jurnal). [12] Gulo, W. 2008. Strategi Belajarmengajar. Jakarta: Grasindo. [13] Hamruni. 2009. Strategi dan Model- Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. [14] Kalelioglu, Filiz & Gulbahar, Yasemin. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Journal of Educational Technology & Society, 17 (1), 248–258. [15] Kowiyuh. (2012). Kemampuan Berpikir kritis Jurnal Pendidikan Dasar, Google Cendikia. [16] Margono, 1989. Strategi Belajar Mengajar. Sebelas Maret University Press. Surakarta. [17] Maulana. 2007. Alternatif Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mahasiswa PGSD. Tesis PPs UPI. Bandung. (Unpublished). [18] Mc. Mahon, G. (2009). Critical Thinking and ICT Integration in a Western Australian Secondary School. Journal of Educational Technology & Society, 12 (4), 269–281. Curtin University of Technology, Perth Australia. [19] Mohd, Nazir, Md Zabit. (2010) Problem-Based Learning On Students ‟ Critical Thinking Skills In Teaching Business Education In Malaysia: A Literature Review. American Journal of Business Education – June 2010 .University of Strathclyde, UK. [20]Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. [21] Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. [22] Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. [23] Musclich, Masnur. (2007). KTSP (Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Konteksual), Jakarta: PT Bumi Aksara. [24] Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. [25] Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung:Alfabeta. [26] Riyanto. 2002. Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Grafindo. [27] Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makan Pembelajaran. Bandung : Alfa Beta. [28] Samsudin, Achmad. 2011. Slide Presentasi Jurusan Fisika FPMIPA UPI Belajar dan Pembelajaran Fisika. Bandung: tidak diterbitkan. [29] Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group. [30] Santrock, John W. 2011. Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga. [31] Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. [32] Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. [33] Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. [34] Triyuningsih, Eka. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBL) Terhadap kemapuan berpikir kritis siswa, Google Cendikia. [35] Ujiati, Cahyaningsih & Anik, Ghufron. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, Nomor 1, April. [36] Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif kontemporer (Suatu Tinjauan Konsep tual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara. [37] Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama. [38] Yuli, I.S, & D.F, Putra. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.2, Juniin_ID
dc.identifier.issn2580-8796
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9084
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle dan metode Ceramah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Quasy Experimental) dengan rancangan post test design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis varians faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle lebih tinggi dibandingkan metode ceramah pada siswa SMA Negeri 1 Pulokulon; (2) Hasil pencapaian nilai pada materi pengetahuan dasar pemetaan antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon; (3) Pengaruh interaksi antara pembelajaran Inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri berbasis Pictorial Riddle dengan kemampuan berpikir kritis rendah pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pulokulon menunjukkan perbedaan yang signifikan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectModel Pembelajaranin_ID
dc.subjectPictorial Riddlein_ID
dc.subjectCeramahin_ID
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisin_ID
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaanin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record