Penerapan Framework Knowledge Management pada UKM Kulit Pari Yogyakarta
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Lina, Tirsa Ninia
Manongga, Danny
Iriani, Ade
Metadata
Show full item recordAbstract
Kulit Pari Yogyakarta merupakan salah satu UKM yang bergerak dalam bidang jasa
pembuatan dan penjualan aksesoris pria dan wanita berbahan dasar kulit pari. Masalah yang
dihadapi saat ini adalah bagaimana para aktor internal menjaga keberlangsungan UKM bila
diperhatikan mereka memiliki perbedaan latar belakang dan pengetahuan, membuat mereka
harus saling berbagi pengetahuan untuk menjaga keberlangsungan UKM Kulit Pari
Yogyakarta. Optimasi bahan baku, inovasi produk, target pasar, cara pemasaran, kebutuhan
pelanggan, merupakan beberapa contoh pengetahuan yang tidak semua diketahui oleh
masing-masing aktor internal UKM. Dengan penerapan kerangka kerja knowledge
management berdasarkan model SECI, yang ditujukan mengeksploitasi pengetahuan tacit
dan eksplisit dari para aktor internal terkait dengan keberlangsungan UKM, maka tujuan
penelitian ini untuk mempertahankan keberlangsungan UKM Kulit Pari Yogyakarta. Metode
kualitatif digunakan dalam penelitian ini serta metode pengumpulan data berupa wawancara.
Dengan penerapan framework tersebut, hasil yang didapatkan adalah knowledge yang
diperoleh oleh masing-masing aktor internal UKM dapat ditampung dalam repsitory sebagai
bahan yang dapat dipakai dalam knowledge sharing guna menjaga keberlangsungan UKM
Kulit Pari Yogyakarta.