Analisis Penerimaan terhadap Sistem Informasi Elearning Janabadra
View/ Open
Date
2017-05-24Author
Saputra, Aditya Sylvandinata
Kusumawardani, Sri Suning
Nugroho, Eko
Metadata
Show full item recordAbstract
E-learning pada Universitas Janabadra Yogyakarta dibuat untuk mempermudah mahasiswa
dan dosen dalam memperoleh pengetahuan atau pembelajaran melalui internet. E-learning
sendiri baru dipergunakan pada tahun 2009 hingga sekarang. Seiring berjalan waktu, elearning
telah melakukan beberapa kali perubahan, terakhir mengalami perubahan pada bulan
Oktober 2016. E-learning Janabadra dibuat dengan harapan dapat meningkatkan kualitas dan
kompetensi dalam dunia pembelajaran. Dalam hal ini untuk mengoptimalkan e-learning
Janabadra, maka perlu dilakukan penelitian penerimaan penggunaan terhadap e-learning
Janabadra Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model UTAUT (Unified
Theory of Acceptance and Use of Technology) dengan gabungan model TTF (Task
Technology Fit). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran
kuesioner terhadap mahasiswa dan dosen aktif sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang
digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software
SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesesuaian tugas dan teknologi,
pengaruh sosial dan kondisi fasilitas yang ada mempengaruhi tingkat penerimaan pengguna.
Keberhasilan penerapan ‘e-learning Janabadra’ dipengaruhi oleh kesesuaian tugas dan
teknologi sesuai dengan apa yang yang diharapkan dan dengan adanya dukungan dari pihak
petinggi kampus kepada para pengguna serta tersedianya kondisi fasilitas yang ada cukup
mendukung untuk menggunakan ‘e-learning Janabadra’.