Show simple item record

dc.contributor.authorGunansyah, Ganes
dc.contributor.authorSaputri, Nikita Dyah Ayu
dc.date.accessioned2017-07-31T07:18:06Z
dc.date.available2017-07-31T07:18:06Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAndresen, L., Boud, D. and Cohen, R., 2000. Experience-based learning. Understanding adult education and training, 2, pp.225-239. Bailey, G., Shaw Jr, E.L. and Hollifield, D., 2006. The devaluation of social studies in the elementary grades. Journal of Social Studies Research, 30(2), p.18. Centers for Disease Control, 2013. Make a difference at your school. Florea, N.M. and Hurjui, E., 2015. Critical Thinking in Elementary School Children. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 180, pp.565-572. Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Jeronen, E., Jeronen, J. and Raustia, H., 2009. Environmental Education in Finland--A Case Study of Environmental Education in Nature Schools. International Journal of Environmental and Science Education, 4(1), pp.1-23. Jacobs, H.H., 1989. Interdisciplinary curriculum: Design and implementation. Association for Supervision and Curriculum Development, 1250 N. Pitt Street, Alexandria, VA 22314. Moeloeng.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Newmann, F.M., King, M.B. and Youngs, P., 2000. Professional development that addresses school capacity: Lessons from urban elementary 204 schools. American journal of education, 108(4), pp.259-299. Olivia, Peter F. 1992. Developing The Curiculum. New York: Harper Collins Publisher. Putra, Agustinus S.P. 2014. Jurnal Kurikulum Berbasis Karakter pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora. (Online), Vol 1, Nomor 2, (http://journal.um.ac.id/index.php/j ph diunduh tanggal 10 Mei 2016). Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press. Trilling, B. and Fadel, C., 2009. 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons. Zuhdi, Damayanti. 2008. Humanisasi Pendidikan:Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9112
dc.description.abstractTujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kurikulum dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah alam. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berlangsung dengan baik. Diketahui faktor pendukung yang memberikan kontribusi dalam manajemen kurikulum diantaranya kerjasama antar guru yang kompeten, kerjasama antar komponen sekolah, dukungan sarana prasarana yang memadai serta bentuk partisipasi wali murid dengan sekolah. Sementara faktor penghambat kesadaran masyarakat tentang konsep sekolah, sarana prasarana umum yang dijadikan secara bergantian, kondisi psikologis siswa yang beragam serta pendidikan guru yang tidak sesuai dengan bidangnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectmanajemen kurikulumin_ID
dc.subjectpeningkatan pembelajaranin_ID
dc.subjectsekolah alamin_ID
dc.titlePraktik Belajar yang Baik Melalui Manajemen Kurikulum Sekolah Alamin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record