Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Indah Novita
dc.contributor.authorSamadhy, Umar
dc.contributor.authorHarrist, Busyairi
dc.date.accessioned2017-07-31T07:31:10Z
dc.date.available2017-07-31T07:31:10Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationDepdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. . 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. . 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. . 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Doyin, Mukh dan Wagiran. 2009. Semarang: Unnes Press. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9115
dc.description.abstractFakta pembelajaran di kelas IV-A SD Tambakaji 04: proses pembelajaran mengarang, dimulainguru memerintahkan siswa mengarang dengan topik dari guru dan menggunakan ru- ang kelas sebagai tempat belajar. Produk siswa sedikit, kurang variatif. Rumusan masalah penelitian: apakah metode field trip dapat memperbaiki proses pem- belajaran dan apakah metode field trip dapat memperbaiki produk pembelajaran?Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK melalui metode field trip. Penelitian di- laksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A SDN Tambakaji 04, Kota Semarang yang berjumlah 35 siswa terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menjadi lebih baik yang tampak pada: (1)keterampilan guru pada siklus 1 memperoleh skor rata-rata 26 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 32 dengan kategori sangat baik; (2)aktivitas siswa siklus 1 memperoleh rata-rata skor sebesar 16,03 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 23,26 dengan kategori sangat baik. Produk siswa juga meningkat yang tampak pada ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectketerampilan mengarangin_ID
dc.subjectmetode field tripin_ID
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Metode Field Trip Pada Siswa Kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record