Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Nur
dc.contributor.authorHutami, Endah Retno
dc.date.accessioned2017-07-31T08:12:10Z
dc.date.available2017-07-31T08:12:10Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAmri. 2015. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Vol. 3 No. 1 Dadang. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama Mohammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan Manejemn Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset Powell, Denise. 2012. Electronic Journal For Inclusive Education. A Review of Inclusive Education in New Zealand. Vol. 2, No. 10. Price, Deborah. 2015. Journal of Educational Enquiry.Pedagogies for inclusion of students with disabilities in a national curriculum: a central human capabilities approach. Vol. 14. No. 2 Praptiningrum. 2010. Jurnal Pendidikan Khusus. Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Vol. 7, No. 2, November Setiawati, Evi. (2015). Profil Sekolah Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/24718/SKRIPS I%2520SETIAWATI pada tanggal 20 September 2016, Jam 15.15 Sunardi, dkk. 2011. Excellence in Higher Education.The Implementation of Inclusive Education for Students with Special Needs in Indonesia.Volume 2, Number 1, June Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta …….. 2015b. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Wati, Ery. 2014. Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika. Februari Vol. XIV No. 2.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9124
dc.description.abstractSurakarta sebagai kota ramah anak menginisiai daerah-daerah se-Solo Raya untuk mengembangkan pendidikan-pendidikan yang mampu mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali. Hal tersebut melatar-belakangi pengembangan sekolah menjadi sekolah inklusi atau memiliki program pendidikan inklusi. Pada penelitian ini, tujuannya antara lain untuk mengetahui (1)jenis anak berkebutuhan khusus (ABK)(2)detail pengelolaan kurikulum program inklusi. (3)stakeholder dalam desain kurikulum program dan keterlibatan mereka, dan (4)implementasi kurikulum pendidikan inklusi dalam kegiatan pembelajaran untuk ABK, di MIM PK Kartasura. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus yaitu menganalisa secara mendalam dan mengidentifikasi subyek-subyek dengan cara menyimpulkan sebagai hasil analis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)beberapa ABK yang terdapat di MIM PK Kartasura tergolong Autis, Down sydrom, Gangguan Praksis, Kesulitan belajar, dan Cerebral Palsy, (2)Dalam penyelenggaraannya, MIM PK Kartasura masih menggunakan kurikulum reguler, kurikulum pemerintah, yang dimodifikasi sesuai kebutuhankebutuhan khusus setiap ABK dan hasil asesmen kemampuan yang dimiliki setiap individu ABK, (3)stakeholder dalam penyusunan kurikulum pendidikan inklusi diantaranya adalah Terapis “Happy House”, Orangtua, Guru Kelas/Guru mata pelajaran, Guru Pendamping khusus, dan Kepala Sekolah, dengan tugas dan fungsi yang telah dikelola oleh Kepala Sekolah, (4)implementasi kegiatan pembelajaran untuk ABK berbentuk model klasikal oleh guru kelas/guru mata pelajaran, dimana ABK didampingi guru pendamping dan pada kegiatan individual task, ABK diberi kegiatan yang telah didesain secara khusus sesuai kebutuhan dan kemampuan ABK.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectpengelolaan kurikulumin_ID
dc.subjectprogram inklusiin_ID
dc.subjectintervensi kegiatan pembelajaranin_ID
dc.titleStudi Pengelolaan Kurikulum Program Inklusi di MIM PK Kartasurain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record