Show simple item record

dc.contributor.authorHidayah, Nur
dc.date.accessioned2017-07-31T08:26:33Z
dc.date.available2017-07-31T08:26:33Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationKunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi guru. Jakarta : Raja grafindo Persada Sugiyono, 2008. Metode Penelitiaan Pendidikan. Bandung: Alfa Beta M. Joko Susilo, 2010. Menjadi Guru Profesional siapa takut. Yogyakarta : Lentera pustakain_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9125
dc.description.abstractGuru sekolah dasar wajib memiliki empat kompetensi dalam menjalankan tugas profesinya sebagai guru. kinerja yang baik menunjukkan ukuran profesionalismenya seorang guru. Namun, ukuran profesionalisme tersebut masih dimaknai secara sempit hanya sebatas lulus sertifikasi guru. Padahal, profesionalisme harus senantiasa ditumbuhkembangkan pada diri guru secara intensive dan berkesinambungan. persoalannya adalah bagaimana strategi memupuk kompetensi dan profesionalisme guru sekolah dasar khususnya di Muhammadiyah. Metode penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengimplementasikan kajian literatur tentang kompetensi dan profesionalisme guru. Teknik pengumpulkan informasi dengan telaah dengan menggunakan keabsahan data melalui triangulasi prosedur. Selanjutnya informasi/data hasil telaah dianalisis secara deskripsi melalui proses collecting data, tabulating data, reduction data, dan pembuatan kesimpulan. Pengembangan profesionalisme guru harus menjadi perhatian yang sangat serius, karena guru memiliki tugas dan peran yang bukan hanya memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga membentuk sikap dan jiwa siswa, sehingga siswa akan mampu beradaptasi terhadap tantangan perkembangan zaman. Oleh karena itu, guru di sekolah dasar harus memiliki kepribadian yang matang dan berkembang, penguasaan ilmu yang kuat, memiliki ketrampilan memotivasi siswa dalam sains dan teknologi. Beberapa strategi dalam memupuk kompetensi dan profesionalisme guru di sekolah dasar Muhammadiyah, antara lain: studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3), mengupdate pengetahuan dalam pertemuanpertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional, memantapkan ideologi persyarikatan Muhammadiyah dalam bentuk Baitul Arqom secara intensive, menulis ide-ide pengembangan profesinya dalam media massa maupun jurnal ilmiah, melakukan uji kompetensi dalam ajang-ajang perlombaan guru, dan aktive terlibat dalam kegiatan rumpun keilmuan dalam MGMP.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectMemupukin_ID
dc.subjectKompetensiin_ID
dc.subjectProfesionalisme Guru SD Muhammadiyahin_ID
dc.titleMemupuk Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Muhammadiyahin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record