Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey
dc.contributor.author | Rokhmaniyah, R | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T08:54:40Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T08:54:40Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Covey, S.R. (1989).The 7 Habits of Highly Effective People.New York: Rockefeller Center DePorter, Bobbi, Reardon, Mark & Singer,Sarah. (2001). Quantum Teaching. Terjemahan. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa. Gibson, Invancevich, dan Donelly, (1992). Kerja dan Manajemen: Perilaku, Struktur, dan Proses. Terjemahan. Djoerban wahid. Jakarta: Erlangga Gary L. Kreps, (1990). Organizational Communication, Theory and Prectice (New York: Longman Usman, Husaini.(2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. _______dkk. (2006). Pengembangan Mutu tenaga Tata Usaha Sekolah. (Jakarta: Depdiknas. Koentjaraningrat.(2002). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. Maslow, A.H. (1984).Motivation and Personality. New York: AddisonWesley. McGregor. (1967). The Human Side Enterprise. New York: McGraw Hill. Rokhmaniyah, Pengaruh persepsi Sukses, Sifat-Sifat Pemimpin, dan Penggunaan Kekuasaan terhadap Perilaku Pemimpin SMK di Kabupaten Kebumen. Disertasi. (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2009). Semiawan. Conny R. (2006). Memantapkan Peran LPTK dalam Peningkatan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pidato dies natalis ke42 Universitas Negeri Yogyakarta. _______(1987). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia. Stoner dan Freeman. (2000). Management. 5 th Edition. Engelewood Cliffs, New Jersey: Prentice- Hall International Editions. Surya Dharma. (2005). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2003 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9135 | |
dc.description.abstract | Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk: (1)memberikan salah satu alternatif konsep cara mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey; (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam mengefektifkan peranan guru berbasis kompetensi melalui model Covey. Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengungkap kendala dan solusi dari sebuah upaya mengefektifkan peran guru berbasis kompetensi melalui model Covey. Penelitian dilaksanakan pada tiga Sekolah Dasardi Kabupaten Kebumen, yaitu: SD Negeri 1 Kutosari, SD Negeri 5 Kutosari, dan SD Negeri Tambakprogaten.Subjek penelitian ialah guru SD berjumlah 31 orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model covey sangat efektif untuk mengoptimalkan peran guru dalam memberikan layanan pembelajaran kepada siswa. Hasil maksimal ditemukan di sekolah terakreditasi A. Setelah di sekolah terakreditasi B, maka C. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | Peran Guru | in_ID |
dc.subject | Kompetensi | in_ID |
dc.subject | Model covey | in_ID |
dc.title | Mengefektifkan Peranan Guru Berbasis Kompetensi Melalui Model Covey | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan 2017 (PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa)
Pendidikan Arah Pengembangan Profesi Guru dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia