Show simple item record

dc.contributor.authorPurwanti, Siwi
dc.date.accessioned2017-07-31T09:04:07Z
dc.date.available2017-07-31T09:04:07Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationAsmani. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Handayani, Trikinasih. (2016). Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Sekolah Adiwiyata. Prosiding, Symposium of Biologi Education yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi, tanggal 27 Agustus 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Panduan adiwiyata. Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan 2012. Jakarta. Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter:Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Ujungberung. Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Rosandrani. (2016). Lingkungan kita Rusak Lebih Cepat dibanding Waktu Pulih. Diakses tanggal 20 April 2017 dari http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/lingkungan-kita-rusak-lebih-cepatdibanding-waktu-pulih. Suparno, Paul. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius. Wuryandani, dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 2 Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9138
dc.description.abstractArtikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pembekalan pada guru-guru SD di Kecamatan Piyungan untuk dapat mendidik, membimbing, dan mengarahkan generasi muda Indonesia agar peduli terhadap lingkungan. Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian materi yang dilaksanakan selama 2 hari dan berupa pendampingan dimana para guru mempraktikkan membuat rancangan pembelajaran yang berkarakter peduli lingkungan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata dan pendampingan sekolah menuju sekolah adiwiyata. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode deskriptif. Hasil analisis dari kajian ini adalah (1)Sebagian besar guru telah memahami materi yang disampaikan pada hari pertama, (2) Sebanyak 20 guru sekolah dasar di kecamatan piyungan mampu membuat rancangan pembelajaran yang berbasis karakter peduli lingkungan, (3) pelaksanaan action plan dapat berjalan dengan baik dan lancar.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectpengabdian masyarakatin_ID
dc.subjectkarakter peduli lingkunganin_ID
dc.subjectsekolah adiwiyatain_ID
dc.titleAnalisis Pelatihan Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Piyunganin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record