dc.contributor.author | Suwarno, S | |
dc.contributor.author | Zulhijah, Kumala | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T09:16:40Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T09:16:40Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2012. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media. Bibi, Farzana, dkk. 2013. Contribution of Parenting Style in life domain of Children. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), Vol. 12, Issue 2: 91-95. Darma, Aditya. 2015. Pengaruh Jam Belajar Masyarakat dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 02 Kalisoro Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Darmawan, Ricky. 2015. Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Owoeye, Joseph Sunday dan Philias Olatunde Yara. 2011. School Facilities and Academic Achievement of Secondary School Agricultural Science in Ekiti State, Nigeria. Asian Social Science, Vol. 7, No. 7: 64. Saefullah, U. 2012. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suryosubroto, B. 2009.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara. Usen, Onodiong Mfreke. 2016. Teachers’ Utilization of School Facilities and Academic 490 Achievement of Student Nurses in Human Biology in Schools of Nursing in Akwa Ibom State, Nigeria. Journal of Education and Practice,Vol.7,No.16,:7. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9141 | |
dc.description.abstract | ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi
belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas
perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun
Pelajaran 2016/2017, (3)Efektivitas fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD
Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain
survei.Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1)Perhatian orangtua dan fasilitas belajar
memiliki efektivitas yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan persamaan
regresi linier berganda Y = 38,309 + 0,226 X
1
+ 0,202 X
2
dimana masing-masing koefisien regresi dari masingmasing
variabel bernilai positif dengan koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0,338 atau 33,8%. (2)Perhatian
orangtua memiliki efektivitas terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi. Hal ini berdasarkan uji t diperoleh
t
hitung
> t
tabel
yakni 2,514 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,017 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif
sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 18,59%. (3)Fasilitas belajar memiliki efektivitas terhadap prestasi
belajar siswa kelas tinggi. Berdasarkan uji t diperoleh t
hitung
> t
tabel
yakni 2,208 > 2,037 dan nilai signifikansi <
0,05 yakni 0,035 < 0,05. Sedangkan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif sebesar 15,21%.
Dapat disimpulkan bahwa perhatian orangtua memiliki efektivitas lebih besar terhadap prestasi belajar siswa
kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | fasilitas belajar | in_ID |
dc.subject | perhatian orangtua | in_ID |
dc.subject | prestasi belajar | in_ID |
dc.title | Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |