Peran Ibu Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Pada Anak Prasekolah
View/ Open
Date
2017-04-29Author
Sari, Amallia Putri Kartika
Ruhaena, Lisnawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran ibu dalam menumbuhkan minat
literasi pada anak prasekolah. Kriteria informan dalam penelitian ini (a) ibu yang memiliki
anak prasekoah (ibu pekerja dan ibu rumah tangga) (b) anak bersekolah di TK Aisyiyah 14
Danukusuman Serengan, Surakarta (c) tinggal dengan anaknya. Metode dalam penelitian ini
adalah kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi dan bahan audiovisual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara
keseluruhan ibu memiliki kesedian untuk menumbuhkan minat literasi. Ibu yang berprofesi
sebagai ibu pekerja berperan mendampingi dan menungu anak belajar serta membantu
proses pemilihan media belajar. Sedangkan untuk ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah
tangga mengajari dan mengulang materi pelajaran di rumah, membacakan buku cerita dan
menyeimbangkan materi belajar antara dirumah dan disekolah. Faktor pendukung peran ibu
dalam menumbuhkan minat literasi anak meliputi faktor kematangan usia anak untuk menerima
stimulus, kemampuan anak, metode dan media yang digunakan serta fasilitas penunjang
kegiatan literasi. Faktor penghambat peran ibu dalam menumbuhkan minat literasi anak yaitu
berasal dari kendala ibu dan kendala anak