Hubungan Antara Kontrol Diri dan Keterampilan Sosial Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa SMK
Abstract
Kecanduan internet adalah pola perilaku penggunaan internet yang berlebihan
yang menyebabkan individu membatasi aktivitas sosialnya karena individu tersebut
menganggap bahwa internet lebih menarik dan menyenangkan dari pada dunia nyata. Kecanduan
internet dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya kontrol diri dan keterampilan sosial. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan internet pada
siswa SMK; dan hubungan antara keterampilan sosial dengan kecanduan internet pada siswa
SMK. Penelitian ini dilakukan di SMK X Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
SMK X Klaten kelas X dan XI yang berjumlah 126 siswa (L=124, P=2) yang berusia 1418
tahun dan
diambil
dengan
teknik
quota sampling.
Alat
ukur yang
digunakan
adalah
skala
kecanduan
internet,
skala kontrol
diri,
dan
skala keterampilan
sosial.
Teknik
analisis
data
menggunakan
analisis
product
moment.
Hasil
penelitian
diperoleh
(a)
Ada
hubungan
negatif
yang
sangat signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan internet dengan nilai ( r= -0,543
p= 0,000); (b) Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara keterampilan sosial dengan
kecanduan internet (r= -0,486 p= 0,000); (c) Kontrol diri dan keterampilan sosial berkontribusi
terhadap kecanduan internet sebesar 34,7%. Variabel kecanduan internet dan kontrol diri
termasuk dalam kategori rendah dan keterampilan sosial termasuk dalam kategori sedang.
Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa pentingnya kontrol diri dan keterampilan sosial
terhadap kecanduan internet. hasil tersebut akan dibahas dalam naskah publikasi ini.