Show simple item record

dc.contributor.authorIstri, Dwi
dc.contributor.authorAsyanti, Setia
dc.date.accessioned2017-08-21T01:15:34Z
dc.date.available2017-08-21T01:15:34Z
dc.date.issued2017-04-29
dc.identifier.citationArisandy, D (2009). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet Pada Mahasiswa Universitas Bina Darma Tahun 2009 Palembang. Naskah publikasi 1-13. Dewi, N. (2011). Hubungan Anatara Kecanduan Internet Dan Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa S1 FK UNS Yang Sedang Skripsi.(Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Dyah, R. (2009). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Elliot, S. N., & Gresham, F. M. (1991). Bullying : A Practical Guide to Coping for Schools. Exeter : Longman. Hidayah, N., & Rachmawati, M. A. (2009). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Sosial Pada Anak Berbakat Itelektual Di Program Akselerasi. Naskah Publikasi , 1-32. Ha, J., Yoo, H., Cho, I., Chin, B., Shin, D., & Kim, J. (2006). Psychiatric comorbidit assessed in Korean children and adolescents who screen positive for Internet addiction. Journal Clinical Psychiatry, 67 (5), 821-826. Hasanuddin. (2014). alvara-strategic.com. di ambil dari http://alvara-strategic.com. Kristo, F, Yuroi. (2013). Di ambil dari http://inet.detik.com/. Li, Dongping., Xian Li., Yanhui Wang., & Liyan Zhao. (2013). School Connectedness and Problematic Internet Use in Adolescents: A Moderated Mediation Model of Deviant Peer Affiliation and Self-Control. J Abnorm Child Psychol No. 41, 1231-1242. DOI 10.1007/ s10802-013-9761-9. Mami, S., & Hatami-Zad, A. (2014). Investigating the effect of Internet Addiction on Social Skills and in High School Students’ Achievement. International J. Soc. Sci. & Education, 4, 56-61. DOI:2223-4934 E; 2227-393. Majorsy Ursa, A. D. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dan Kecanduan Jejaring Sosial Pada Masa Dewasa Awal. Proceding Pesat, 05, 78-84. Mustafa, KOC. (2011). Internet Addiction and Psychopatology. the turkish online Journal Of Education Technology. 10 (1), 143-148. Rachdianti, Y. (2011). Hubungan Antara Self-Control Dengan Intensitas Penggunaan Internet Remaja Akhir. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Setiyani, T. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Peerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran Ips Kelas V SD Negeri Pakem Seleman. (Skripsi Porgram S1 Tidak Diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan Univeritas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Silondae, D. P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling , 2, 65-70. Waldo, A. D. (2014). Correlates of Internet Addiction among Adolescents . jurnal Psychology , 1999-2008. Widiana, H. S., Retnowati, S., & Hidayat, R. (2004). Kontrol Diri Dan Kecenderungan Kecanduan Internet. Humanitas: Indonesian Psychologycal Journal , 01(01), 6-16. Wati, Parahita. (2012). Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Korban Bullying Di Sekolah Dasar. (Skrispi. Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Young, K. S. (1996). Internet Addiction: The Emergence Of A New Clinical Disorder Paper Presented At The 104 th Annual, Meeting Of The American Psychology Association, Canada, Agust 15. CyberPsychology and Behavior, 1(3), 237-224 Young, K. S., & Rogers, R. C. (1998). Internet Addiction: Personality Traits Associated with Its Development. www.netaddiction.com/articles/personalitycorrelates.pdfin_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-068-6
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9266
dc.description.abstractKecanduan internet adalah pola perilaku penggunaan internet yang berlebihan yang menyebabkan individu membatasi aktivitas sosialnya karena individu tersebut menganggap bahwa internet lebih menarik dan menyenangkan dari pada dunia nyata. Kecanduan internet dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya kontrol diri dan keterampilan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan internet pada siswa SMK; dan hubungan antara keterampilan sosial dengan kecanduan internet pada siswa SMK. Penelitian ini dilakukan di SMK X Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK X Klaten kelas X dan XI yang berjumlah 126 siswa (L=124, P=2) yang berusia 1418 tahun dan diambil dengan teknik quota sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecanduan internet, skala kontrol diri, dan skala keterampilan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian diperoleh (a) Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan internet dengan nilai ( r= -0,543 p= 0,000); (b) Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara keterampilan sosial dengan kecanduan internet (r= -0,486 p= 0,000); (c) Kontrol diri dan keterampilan sosial berkontribusi terhadap kecanduan internet sebesar 34,7%. Variabel kecanduan internet dan kontrol diri termasuk dalam kategori rendah dan keterampilan sosial termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa pentingnya kontrol diri dan keterampilan sosial terhadap kecanduan internet. hasil tersebut akan dibahas dalam naskah publikasi ini.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectkontrol diriin_ID
dc.subjectketerampilan sosialin_ID
dc.subjectkecanduan internetin_ID
dc.subjectSiswa SMAin_ID
dc.titleHubungan Antara Kontrol Diri dan Keterampilan Sosial Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa SMKin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record