Show simple item record

dc.contributor.authorZakia, Dieni Laylatul
dc.contributor.authorYamtinah, Sri
dc.contributor.authorSunardi, S.
dc.date.accessioned2017-10-31T04:04:46Z
dc.date.available2017-10-31T04:04:46Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationArsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cahya, L. S. 2013. Buku Anak untuk ABK. Yogyakarta: Familia. El-Zraigat, I. A, Smadi, Y. 2012. Challenges of Educating Students Who are Deaf and Hard of Hearing in Jordan. International Journal of Humanities and Social Science. Vol 2 No. 8 April 2012 p. 150158. Kuntze, M, Golos, D, Enns, C. 2014. Rethinking Literacy: Broadening Opportunities for Visual Learners. Sign Language Studies. Volume 14, Number 2, Winter 2014, pp. 203-224. Muhammad, J. K. A. 2008. Special Education For Special Children: Panduan Pendidikan Khusus Anak-Anak dengan Ketunaan dan Learning Disabilities.Jakarta : PT. Mizan Publika. Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. Wikasanti, E. 2014. Pengembangan Life Skill untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Maxima.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9365
dc.description.abstractMedia pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan pengajaran dan pembelajaran. Media pembelajaran IPA sangat dibutuhkan siswa tunarungu untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Tidak tersedianya media pembelajaran khusus untuk siswa tunarungu merupakan kendala dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran khusus untuk siswa tunarungu agar pembelajaran menjadi lebih mudah dan dapat dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan majalah Educa pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa tunarungu kelas XI SMALB dan untuk mengetahui kualitas majalah Educa sebagai media pembelajaran IPA.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari : potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan yang terakhir revisi produk. Instrument penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas majalah Educaadalah ;lembar angket. Validasi desain dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli PLB Tunarungu. Sedangkan subyek uji coba adalah siswa tunarungu kelas XI dan guru kelas SMALB. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini adalah terciptanya majalah Educa yang layak digunakan untuk anak tunarungu. Hasil penilaian majalah Educa oleh ahli materi diperoleh presentase97,67% dengan kategori sangat baik, ahli media diperoleh presentase 94,29% dengan kategori sangat baik, sedangkan ahli PLB Tunarungu diperoleh presentase 78,57% dengan kategori baik. Keterbacaan siswa tunarungu terhadap majalah Educa pada uji coba terbatas diperoleh presentase 94,82% dengan kategori tinggi. Sedangkan respon siswa dan guru terhadap majalah Educa pada uji coba lapangan utama menunjukkan presentase 84,44% untuk respon siswa tunarungu dan 85,33% untuk respon guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa majalah Educa layak digunakan untuk media pembelajaran IPA siswa tunarungu.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectpengembanganin_ID
dc.subjectmajalahin_ID
dc.subjectmedia pembelajaranin_ID
dc.subjectIPAin_ID
dc.subjectsiswa tunarunguin_ID
dc.titlePENGEMBANGAN MAJALAH EDUCA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS XI SMA LBin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record