Inovasi Media Pembelajaran Al Quran Metode Ummi Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Pengenalan Huruf Hijaiah
Date
2017-05Author
Misbakhudin, M.
Andrasto, Tatyantoro
Supraptono, Eko
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berbasis
Android dan pengaruhnya dalam peningkatan keterampilan membaca Al Quran menggunakan metode
Ummi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalentcontrolgroup dan
mengadopsi penelitian researchanddevelopment dalam proses pembuatan medianya.
Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan produk sebesar 88.5% (sangat layak). Hasil analisis uji t
diperoleh
t
hitung = 2,891 >
t
tabel=2,101. Hasil analisis uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,544
(sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,4 (sedang) dan hasil analisis uji regresi linear diperoleh nilai (sig) =
0.003 lebih kecil dari α = 0.025. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan dan peningkatan keterampilan
membaca Al Quran kelas eksperimen lebih tinggi dan signifikan daripada kelas kontrol. Simpulan dari
penelitian ini adalah media pembelajaran Al Quran metode Ummiberbasis android sangat layak digunakan
dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca Al Quran.