dc.contributor.author | Misbakhudin, M. | |
dc.contributor.author | Andrasto, Tatyantoro | |
dc.contributor.author | Supraptono, Eko | |
dc.date.accessioned | 2017-10-31T07:35:59Z | |
dc.date.available | 2017-10-31T07:35:59Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.citation | Hake, R. R. 1998. Interactive-engangement VS Traditionalmethods: A SixThousandStudentSurvey of Mechanics Test Data for IntroductoryPhysicsCourses. American jurnal of physics, 66(1) :64-80. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sukestiyarno. 2012. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Sobri, Muhammad dan LeonAndretti Abdillah. 2013. Aplikasi Belajar Membaca Iqro Berbasis Mobile. https://arxiv.org/pdf/1301.6319.2 Maret 2016 (10:30). Soenarto, S. 2005. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah rangkaian listrik. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Elektro FT UNY. Tiyono, Eko Agus. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qura'an Siswa Sekolah Menengah Pertama UlulAlbab Sidoarjo. Undergraduatethesis. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/9411/. (Diakses 22 Mei 2016). Wijayanti, Lusi Kurnia. 2016. Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al Quran Pada Orang Dewasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran di Lembaga Majlis Quran (MQ)Madiun. http://etheses.uinmalang.ac.id/3753/1/12110102.pdf. (Diakses tanggal 20 Mei 2016). Yusfin. 2011. Perancangan Media Pembelajaran “Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran” Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2527-533X | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9366 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berbasis
Android dan pengaruhnya dalam peningkatan keterampilan membaca Al Quran menggunakan metode
Ummi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalentcontrolgroup dan
mengadopsi penelitian researchanddevelopment dalam proses pembuatan medianya.
Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan produk sebesar 88.5% (sangat layak). Hasil analisis uji t
diperoleh
t
hitung = 2,891 >
t
tabel=2,101. Hasil analisis uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,544
(sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,4 (sedang) dan hasil analisis uji regresi linear diperoleh nilai (sig) =
0.003 lebih kecil dari α = 0.025. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan dan peningkatan keterampilan
membaca Al Quran kelas eksperimen lebih tinggi dan signifikan daripada kelas kontrol. Simpulan dari
penelitian ini adalah media pembelajaran Al Quran metode Ummiberbasis android sangat layak digunakan
dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca Al Quran. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2 | in_ID |
dc.subject | Media Pembelajaran | in_ID |
dc.subject | Android | in_ID |
dc.subject | Keterampilan Membaca Al Quran | in_ID |
dc.subject | Metode Ummi | in_ID |
dc.title | Inovasi Media Pembelajaran Al Quran Metode Ummi Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Pengenalan Huruf Hijaiah | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |