PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MASARAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran
menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik lembar
penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini dengan
cara deskriftif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data dari hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus
III dengan mencari rata-rata hasil belajar dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar
siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari kognitif (81,15>71,7>64,9) maupun afektif
(21,65>18,65>17,075). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi peer lesson dalam
pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran.