Show simple item record

dc.contributor.authorAryani, Ima
dc.date.accessioned2017-11-03T03:16:13Z
dc.date.available2017-11-03T03:16:13Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationPurwoto. 2000. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Surakarta. UNS Press. Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Surakhmad, 2003. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar. Bandung: Tarsito Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta. Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara. Zaini, Hisyam., dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9377
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran menggunakan strategi peer lessons pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriftif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data dari hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari kognitif (81,15>71,7>64,9) maupun afektif (21,65>18,65>17,075). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi peer lesson dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectstrategi peer lessonsin_ID
dc.subjecthasil belajar biologi siswain_ID
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI PEER LESSONS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MASARANin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record