OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS MELALUI DISCOVERY LEARNING BERWAWASAN LINGKUNGAN
Date
2017-05Author
Herianingtyas, Nur Luthfi Rizqa
Harmawati, Ruri Eko
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah implementasi discovery
learning berwawasan lingkungan pada muatan pelajaran sains; (2) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada
muatan pelajaran sains melalui implementasi discovery learning berwawasan lingkungan. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan dalam 3
(tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)implementasi discovery learning berwawasan lingkungan dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a)Orientation; (b)Problem Statement; (c)Data Collection; (d)Data Processing; (e)Verification dan(f)Generalization, (2)Implementasi
discovery learning berwawasan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada muatan
pelajaransains, terbukti hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, siklus I
hasil tes mencapai 73,33% termasuk dalam kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,67% termasuk
dalam kategori amat baik. Pada siklus III hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa kembali mengalami meningkat hingga
93,33% dan termasuk kategori amat baik. Dengan demikian, kemampuan berpikir kreatif siswa sudah menunjukan
ketercapaian pada indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu
≥85%.