Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Guru merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui kemampuan PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jenis
penelitian adalah deskripstif kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 15 guru SMP kelas VIII di
Kabupaten Sukoharjo. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 10 guru yang telah menggunakan kurikulum
2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dan diambil lima RPP untuk
setiap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 aspek yang diidentifikasi, aspek yang tertingi adalah
kemampuan guru dalam menyesuaiakan pemilihan strategi dengan jenjang pendidikan, dan terendah adalah
aspek pengetahuan akan kaidah penyusunan rencana pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan
PCK guru IPA kelas VIII SMP Negeri diKabupaten Sukoharjo temasuk baik (69.1%)