dc.identifier.citation | Agustina, P. (2015). Pengembangan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Melalui Simulasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA. 1(1) 1-15. Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Arnyana, I.B.P. (2007). Pengembangan Profesionalisme Guru Biologi di Era Global. Jurnal Pemdidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 0215(8250) 472 – 490. Aydin, S & Boz, Y. (2012). Review of Studies Related to Pedagogical Content Knowledge in the Context of Science Teacher Education: Turkish Case. Educational Sciences Theory & Practice.12(1) 497-505. Djamarah, S.B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Etkina, E. (2010). Pedagogical Content Knowledge and Preparation of High School Physics Teachers. Physical Review Special TopicsPhysiscs Education Research. Ibrahim, B. (2016). Pedagogical Content Knowledge For Teaching English. English Educational Journal, 7(2)155-167. Loughran, J. M & Berry, A. (2008). Exploring Pedagogical Content Knowledge in Science Teacher Education. International Journal of Science Education. 30(1). Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1) 27.33. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Natalia, M., Yusuf, Y & Ermadianti. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Biogenesis. 9(2) 28 – 38. National Science teachers Association in Collaboration with association of education in science. (1998). Standard for science preparatiion. Prasetyo, R., Nurohman, S & Susilowati. (2016). Studi Kasus Kompetensi Pedagogik Guru IPA SMP Ditinjau dari Aspek PCK (Pedagogical Content Knowledge) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 5 (9) 17-23. Rahmadhani, Y,. Rahmat, A & Purwaningsih, W. (2016). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Jurnal Nasional Sains dan Pendidikan Sains. 6 (1) 17-24. Rahman, M. (2013). Pedagogical Competence Junior High School Science Teacher. Jurnal Sains. 2 (1). Rahmat, A., Riandi., Solihat, Rini., Wuyung, W. B., Zaputra, R & Ferazona, S. (2014). Peta Kompetensi Guru Biologi di SMA Kota Bandung Berdasarkan Analisis Kesesuaian Proses Pembelajaran di Kelas dengan Tuntutan Kompetensi Dasar. Jurnal Pengajaran MIPA. 19(2) 179 – 187. Rayandra, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta. Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Shulman. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research. 15(2). Susilowati & Widhy, P. (2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VIII dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III. 1(1) 72-78. Peraturan Menteri Pendidikan No.16 Tahun 2007. Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas. Vianti, S.L. (2011). Kesesuaian Antara Pengembangan Indikator dan Kompetensi Dasar Dalam Silabus KTSP Aspek Membaca di Smp Negeri 3 Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Sarjana Pendidikan: UNES Yohafrinal, Damris dan Risnita.(2015). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru MIPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edukasi Sains. 4 (2) 15-24. | in_ID |