Kemampuan Technological Knowledge (TK) Calon Guru Biologi FKIP UMS
Abstract
Guru merupakan faktor utama dan penentu (kunci) keberhasilan pembelajaran serta upaya pembaharuan mutu
pendidikan. Mishra dan Koehler (2006) mengembangkan konsep Pedagogical Contant Knowledge (PCK) dengan
menambahkan aspek Technological Knowledge sehingga terbentuk Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK). Seiring berkembangnya dunia teknologi seorang guru maupun calon guru juga harus
mampu mengikuti perkembangan yang ada untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan
inovatif. Technological Knowledge (TK) merupakan suatu pengetahuan yang harus dimiliki guru tentang
teknologi, dimana TK mampu mendukung suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran TK calon guru Biologi FKIP UMS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena
mendeskripsikan kemampuan TK calon guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode
dokumentasi dengan cara mengambil 120 RPP dari 60 calon guru dimana setiap calon guru diambil dua RPP. Dari
penelitian didapatkan bahwa pengetahuan calon guru tentang macam teknologi termasuk kategori baik (80,58%),
kemampuan menggunakan software termasuk kategori baik (76,37%), kemampuan menggunakan hardware
termasuk sangat baik (90,75%). Berdasarkan hasil penelitian diperlihatkan bahwa kemampuan TK calon guru
Biologi FKIP UMS termasuk kategori baik (82,56%).