dc.identifier.citation | Davies, I. K. (1972). Competency based learning: Technology, management, and design. New York : McGraw-Hill. Lilik, G. (2008). Peran Tehnologi Pendidikan dalam Meningkatkan Akses, Mutu dan Relevansi Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional dan Kolokium Tehnologi Pendidikan. Bandung. Maeng, J. L., Murley, B. K., Smentana, L. K., & Bell, R. L.(2013). Preservice Teacher’s TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal Science Educational Technology. 22(6). 838-857. Mishra, P., & Koehler, M. J.(2006). Technologigal Pedagogical Content Knowledge: A Framework For Integrating Technology In Teacher Knowledge. Teachers College Reord. 108(6), 1017-1054. Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Kebumen : UNS Press. Srisawasdi, N.(2012). The Role of TPACK in Physics Clasroom: Case Studies of Preservice Physics Teacher. Published by Elsevier Ltd. Procedia-social and Behavioral Science. (Online). www.sciencedirect.com/, diakses 21 Januari 2017. Suryawati, E., Firdaus, L.N., & Yosua, H.(2014). Analisis Ketramprilan Technologi Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. 11(1). 6772. Tan, K. C. D., & Kim, M.(2012). Issues and Challenges in Science Education Research. New York. Springer. Zahrah, A.(2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Guru Profesional. Bandung : Yrama Widya. | in_ID |
dc.description.abstract | Guru merupakan faktor utama dan penentu (kunci) keberhasilan pembelajaran serta upaya pembaharuan mutu
pendidikan. Mishra dan Koehler (2006) mengembangkan konsep Pedagogical Contant Knowledge (PCK) dengan
menambahkan aspek Technological Knowledge sehingga terbentuk Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK). Seiring berkembangnya dunia teknologi seorang guru maupun calon guru juga harus
mampu mengikuti perkembangan yang ada untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan
inovatif. Technological Knowledge (TK) merupakan suatu pengetahuan yang harus dimiliki guru tentang
teknologi, dimana TK mampu mendukung suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran TK calon guru Biologi FKIP UMS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena
mendeskripsikan kemampuan TK calon guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode
dokumentasi dengan cara mengambil 120 RPP dari 60 calon guru dimana setiap calon guru diambil dua RPP. Dari
penelitian didapatkan bahwa pengetahuan calon guru tentang macam teknologi termasuk kategori baik (80,58%),
kemampuan menggunakan software termasuk kategori baik (76,37%), kemampuan menggunakan hardware
termasuk sangat baik (90,75%). Berdasarkan hasil penelitian diperlihatkan bahwa kemampuan TK calon guru
Biologi FKIP UMS termasuk kategori baik (82,56%). | in_ID |