Show simple item record

dc.contributor.authorDhawati, Dwi Anis Aris
dc.contributor.authorHariyatmi, H.
dc.date.accessioned2017-11-05T02:08:12Z
dc.date.available2017-11-05T02:08:12Z
dc.date.issued2017-05
dc.identifier.citationDavies, I. K. (1972). Competency based learning: Technology, management, and design. New York : McGraw-Hill. Lilik, G. (2008). Peran Tehnologi Pendidikan dalam Meningkatkan Akses, Mutu dan Relevansi Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional dan Kolokium Tehnologi Pendidikan. Bandung. Maeng, J. L., Murley, B. K., Smentana, L. K., & Bell, R. L.(2013). Preservice Teacher’s TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal Science Educational Technology. 22(6). 838-857. Mishra, P., & Koehler, M. J.(2006). Technologigal Pedagogical Content Knowledge: A Framework For Integrating Technology In Teacher Knowledge. Teachers College Reord. 108(6), 1017-1054. Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Kebumen : UNS Press. Srisawasdi, N.(2012). The Role of TPACK in Physics Clasroom: Case Studies of Preservice Physics Teacher. Published by Elsevier Ltd. Procedia-social and Behavioral Science. (Online). www.sciencedirect.com/, diakses 21 Januari 2017. Suryawati, E., Firdaus, L.N., & Yosua, H.(2014). Analisis Ketramprilan Technologi Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis. 11(1). 6772. Tan, K. C. D., & Kim, M.(2012). Issues and Challenges in Science Education Research. New York. Springer. Zahrah, A.(2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Guru Profesional. Bandung : Yrama Widya.in_ID
dc.identifier.issn2527-533X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9389
dc.description.abstractGuru merupakan faktor utama dan penentu (kunci) keberhasilan pembelajaran serta upaya pembaharuan mutu pendidikan. Mishra dan Koehler (2006) mengembangkan konsep Pedagogical Contant Knowledge (PCK) dengan menambahkan aspek Technological Knowledge sehingga terbentuk Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Seiring berkembangnya dunia teknologi seorang guru maupun calon guru juga harus mampu mengikuti perkembangan yang ada untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, efisien dan inovatif. Technological Knowledge (TK) merupakan suatu pengetahuan yang harus dimiliki guru tentang teknologi, dimana TK mampu mendukung suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran TK calon guru Biologi FKIP UMS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena mendeskripsikan kemampuan TK calon guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan cara mengambil 120 RPP dari 60 calon guru dimana setiap calon guru diambil dua RPP. Dari penelitian didapatkan bahwa pengetahuan calon guru tentang macam teknologi termasuk kategori baik (80,58%), kemampuan menggunakan software termasuk kategori baik (76,37%), kemampuan menggunakan hardware termasuk sangat baik (90,75%). Berdasarkan hasil penelitian diperlihatkan bahwa kemampuan TK calon guru Biologi FKIP UMS termasuk kategori baik (82,56%).in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-2in_ID
dc.subjectKemampuan TKin_ID
dc.subjectCalon guru Biologiin_ID
dc.subjectRPPin_ID
dc.titleKemampuan Technological Knowledge (TK) Calon Guru Biologi FKIP UMSin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record